18 April 2008

PAKAI KARTU KREDIT?? KENAPA TIDAKK

Apakah anda ingin beli sesuatu tapi sedang bokek? Atau anda punya uang tapi nanti bulan depan baru bisa anda ambil? Gampang.. Pake aja kartu kredit.

Ya karena dengan kartu kredit anda akan bisa memenuhi impian anda untuk bisa membeli barang-barang kesukaan anda, yang bisa anda cicil atau anda tunda pembayarannya, tinggal gesek di kasir maka barang kesukaan anda sudah ada di tangan.

Apakah sebenarnya kartu kredit itu? Kartu kredit adalah salah satu asset Bank yang dikeluarkan berupa kartu yang bisa dipakai untuk berbelanja atau penarikan tunai di ATM yang pembayarannya bisa ditunda maksimal 1 bulan atau bisa di cicil sesuai dengan ketentuan penerbit kartu.

Ada berbagai keuntungan yang bisa anda raih dengan kartu kredit, di antaranya anda bisa menunda pembayaran barang belanjaan anda ketika anda sedang butuh terhadap barang tersebut tetapi tidak punya uang cukup, atau tiba-tiba anda perlu uang tunai tetapi kondisi keuangan anda di bulan itu sedang bokek, maka kartu kredit bisa memberikan solusi.

Syarat untuk bisa memperoleh kartu kredit tergantung dari kebijakan masing-masing penerbit kartu, misalnya di BRI jumlah penghasilan kotor anda selama setahun minimal mencapai 24 juta maka anda sudah bisa memiliki kartu kredit, mudah bukan?? Soal biayanya dibayarkan setiap setahun sekali, misalnya di BRI biaya kartu kredit Classic 100 ribu setahun dan untuk tahun pertama tidak dibebankan biaya. Fantastisss…

Nah jika anda tertarik untuk memiliki kartu kredit ayo segera hubungi bank terdekat, tetapi sebelumnya ada sedikit tips dalam memilih kartu kredit :

  1. Pilihlah kartu kredit dari penerbit yang terpercaya, berpengalaman dan dikenal memiliki kinerja yang professional.
  2. Pilih kartu kredit yang banyak memberi berbagai kemudahan.
  3. Pilih kartu kredit dimana anda bisa ikut atau tidak dalam perlindungan asuransi.
  4. Pilih kartu kredit yang memberi banyak manfaat, disbanding biaya yang dibebankan (Value for money)
  5. Ajukan permohonan kartu kredit hanya jika Anda telah mengerti syarat dan ketentuan yang berlaku dalam aplikasi (suku bunga, biaya dan besarnya pembayaran minimum)

Setelah anda memilik kartu kredit, ada hal-hal yang harus anda perhatikan, antara lain :

  1. Manfaatkan penarikan tunai melalui ATM dengan kartu kredit hanya dalam keadaan darurat saja.
  2. Hindari kebiasaan membayar sejumlah minimum (pembayaran minimum ditentukan oleh bank), karena dapat dikenakan bunga lebih besar atau waktu lebih panjang sampai tagihan lunas.
  3. Segera hubungi perusahaan penerbit kartu kredit bila anda memiliki pertanyaan, komentar atau mulai mengalami kesulitan pembayaran.
  4. Kumpulkan sales draft anda, ini perlu untuk pembuktian jika jumlah di lembar tagihan berbeda dengan nilai pembelanjaan anda.
  5. Kalau uang mencukupi, bayar penuh tagihan sebelum jatuh tempo, agar anda terhindar dari biaya keterlambatan dan bisay-biaya lain yang tidak anda inginkan.

Masih ragu atau masih punya pertanyaan lain seputar kartu kredit? Hubungi aja bank terdekat atau tinggalkan komentar anda, mudah-mudahan saya bisa memberi solusi OK??

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda