18 April 2008

KELOLA UANG DAN JADI LEBIH KAYA

Uang merupakan salah satu kebutuhan primer kita sehari-hari, dengan uang kita bisa memenuhi segala macam kebutuhan sehari-hari kita, mulai dari makan, minum, bergaul, berpenampilan dan lain-lain. Tanpa uang kita tidak bisa apa-apa, tetapi bukan berarti dengan uang kita juga bisa berbuat semaunya, Jangan salah yee..

Anda yang punya kelebihan uang kadang kurang memperhatikan betapa pentingnya mengelola uang, apalagi anda yang berstatus pegawai, yang gajinya selalu masuk setiap bulannya, pastilah sangat sulit untuk mengelola uang anda. Setelah menerima gaji atau ada penghasilan lebih, pasti uangnya langsung masuk ke daftar belanjaan yang kadang kurang begitu penting untuk dibeli.

Buat anda yang ingin lebih kaya dari sekarang, dan ingin di hari tua nanti tidak pusing lagi dengan uang, ada baiknya mulai dari sekarang kelola uang anda dengan bijak. Berikut tips-tips yang sederhana tetapi bisa memberikan pengaruh yang luar biasa terhadap kekayaan anda :

  1. Buka rekening, ya ini penting bagi anda yang sampai hari ini belum juga memiliki rekening tabungan di bank, karena dengan membuka rekening di bank otomatis otak kita akan tersugesti untuk terus menambah jumlah tabungan kita dan akan sedikit demi sedikit melawan nafsu kita untuk berbelanja hal-hal yang kurang perlu.
  2. Sisihkan sedikit penghasilan kita untuk ditabung, berapapun yang anda mau apakah 100.000,- atau 300.000,- (kalau lebih dari jumlah tersebut menurut pengalaman penulis kadang kita menjadi tidak ikhlas dan selalu terpikir untuk mengambilnya hehehe..) asalkan rutin anda keluarkan setiap bulan, maka tanpa terasa dalam setahun tabungan anda sudah menjadi banyak dan akan menopang masa-masa tua anda nantinya.
  3. Jika anda memperoleh reski tambahan, coba sisihkan sedikit ke tabungan anda. Hal ini akan melatih anda lebih hemat dan tidak berperilaku boros.
  4. Pisahkan rekening tabungan anda dengan rekening gaji, karena hampir dipastikan jika sama dengan rekening gaji maka tidak akan ada yang tersisa pada akhir bulan. Artinya anda hanya akan menjadi pegawai/pengusaha miskin seumur hidup anda. Percayalah!!!
  5. Setelah setahun, lihat berapa tabungan anda dan sisihkan 2,5% dari jumlahnya, hitung-hitung sebagai zakat/sedekah atas rezeki yang berikan oleh Tuhan kepada kita, mudah-mudahan akan terus bertambah setiap tahunnya.

Dengan berusaha dan berdoa maka kita akan menjadi lebih baik dan lebih sejahtera dari sebelumnya. Jangan melihat siapa yang berkata tapi dengarkanlah apa yang dikatakannya. Semoga bisa membuat anda lebih kaya

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda