18 Mei 2008

ANGGARAN BULANAN HEMAT UANG ANDA

Mengatur pembelanjaan dalam rumah tangga biasanya paling susah, apalagi kalau sudah gajian lalu langsung ke supermarket membeli belanjaan bulanan, tapi tunggu dulu, apakah anda setelah belanja semuanya sukses sesuai dengan apa yang ingin anda beli sebelumnya??? Mari kita tertawa untuk diri kita hahaha…

Namanya juga manusia, pasti begitu melihat hal yang menarik langsung mau mencoba dan terus mencoba, dan setelah pertengahan bulan, kita Cuma bisa terbengong-bengong melihat sisa uang kita sudah hampir habis. Apa kita mau begini terus sampe pensiun?? Jangan dong…

Saya punya sedikit tips supaya gaji tetap jalan, kebutuhan tetap terpenuhi dan uang tetap ada, bahkan bisa bertambah. Sederhana tapi membangun. Mau coba??

Jika anda seorang pegawai negeri yang gajinya sudah pasti tetap, maka anda akan gampang mengatur keuangan anda, tapi jika anda seorang wiraswasta pake rata-rata penghasilan bulanan anda.

Pertama, Buat neraca sederhana, berupa neraca pemasukan dan pengeluaran, dimana pemasukannya adalah penghasilan kita setiap bulannya dan pengeluarannya adalah anggaran belanja kita untuk satu bulan, mulai dari belanja bulanan, pembelian barang kebutuhan, pembayaran kredit (kalo ada), dan juga buatkan 1 pos uang untuk tabungan, berapa yang bisa disisihkan setiap bulannya. Tabungan ini juga berfungsi sebagai uang jaga-jaga setiap bulan jika tiba-tiba ada keperluan uang mendadak. Anggaplah kita sedang mengelola perusahaan sendiri dimana kita sebagai manajernya, jika pengelolaan keuangan diserahkan sepenuhnya kepada istri, maka sebaiknya konsultasikanlah kepada istri anda.

Memang hal ini keliatan sedikit membosankan dan terlalu resmi, tapi setelah anda menjalaninya, pasti akan berdampak besar terhadap kondisi keuangan keluarga anda, buktikan sendiri yach.. Semoga bermanfaat.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda